Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 18 Juni 2011

peninggalan zaman kebudayaan hindu

Peninggalan zaman kebudayaan Jawa Hindu.Yaitu jaman kebudayaan Jawa Hindu ketika bangsa Indonesia sudah mengenal tulisan sampai dengan runtuhnya kerajaan Majapahit.Seperti peninggalan Candi dan Arca Batu diantaranya :
1. Arca Ganesa di dukuh Pendem Desa Pucangan Kecamatan Ngrambe.
2. Arca Nandi di tengah halaman SMP Ngrambe, Nandi adalah wahana dewa Siwa, Wahana (bahasa Sansekerta) artinya kendaraan (rinding animal).Koleksi Arca Nandi (wahana =kendaraan) Dewa Siwa.
3. Pragmen-pragmen Percandian di desa Tulakan Kecamatan Sine, yang berupa batu Gilang.Batu Gilang di Desa Ploso Kecamatan Kendal.
4. Peninggalan Prasasti Batu dan Tembaga;a. Prasasti Canggu (terbuat dari tembaga). Merupakan Peninggalan jaman Majapahit pada tahun Saka 1280 (1358 M) yaitu pada jaman Pemerintahan Hayam Wuruk (Sri Rajasanagara) Dalam Prasasti ini menyebutkan nama Ngawi sebagai desa penambangan atau penyeberangan (naditira pradesa) ataupun sebagai daerah Swatantra. Prasasti Canggu berupa lempengan tembaga berbentuk empat persegi panjang berukuran panjang 36,5 cm, lebar 10,4 cm.Prasati ini seluruhnya berjumlah 11 lempengan tetapi baru diketemukan 5 lempengen. Pada saat ini lempengan Prasasti Cangu tersebut berada diMuseum Jakarta dengan kode E 54 C. Prasasti Batu dari Desa Sine Kecamatan Sine dalam ROD tersebut sebuah prasasti pada tahun Saka 1381(1459 M), terdapat tulisan “Ong dana pasagira Werit prami, Saka kala 1381” yang artinya “Ong dana pemberian (upeti) (Dana = pemberian) Werit prami = 20raja putri (ratu). Berdasarkan prasasti tersebut diperkirakan Abad XIV daerah Sine termasuk wilayah kekuasaan seorang raja puteri (ratu) dan atas kebaikan masyarakat di daerah ini telah mendapatkan hadiah dari ratu.
Prasasti Canggu terbuat dari tembaga(lempeng 5) tahun – 1358Mk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar